MATERI TBM unsafe action & unsafe Cndition

TINDAKAN TIDAK AMAN & KONDISI TIDAK AMAN

Dalam dunia banyak situasi yang memicu terjadinya kecelakaan kerja. Hal tersebut diantara-nya adalah tindakan pekerja itu sendiri yang menyebabkan terjadinya kondisi tidak aman.


Ø  Tindakan tidak aman / unsafe action

Sebagian besar kecelakaan terjadi karena kelalaian/ketidaktahuan manusia/pekerja dan sebagian kecil dikarenakan factor lain.

Sebab sebab pekerja melakukan tindakan tidak aman/ unsafe action:

A. Karena tidak tahu.

Pekerja kurang/ketidaktahuan bagaimana melakukan pekerjaan dengan aman atau potensi bahaya yang akan terjadi sehingga menyebabkan terjadi kecelakaan.

B. Karena tidakmampuan

Yang bersangkutan telah mengetahui cara yang aman terhadap potensi bahayanya, tapi karena ketidakmampuannya/kurang terampil sehingga pekerja tersebut melakukan kesalahan dan kegagalan sehingga terjadilah kecelakaan.

C. Kurang perduli/kesadaran

Pekerja tersebut telah mengetahui dengan jelas cara kerja yang aman dan peraturan peraturan keselamatan kerja yang memang dapat dilaksanakan oleh sipekerja, akan tetapi pekerja tidak melaksanakannya.


Ø  Kondisi tidak aman / unsafe condition.

Berikut beberapa kondisi tidak aman yang berpotensi menimbulkan insiden kecelakaan.

1. Material/barang yang tidak tertata dengan rapi

2. Akses jalan yang terhalang

3. Banyaknya kabel power tergenang air

4. Banyak pekerjaan didalam satu tempat yang berbeda jenis pekerjaan, seperti: diatas kegiatan gouging dan dibawah ada kegiatan lainnya sehingga pancaran material panas dapat mencedarai pekerja dibawahnya, atau disatu tempat proses painting dan welding yang dapat memicu api/ledakan.

5. Berjalan dibukan tempat berjalan biasa, contoh: diatas pipa yang tidak terpasang pengaman jatuh

6. Menggerinda dilokasi ada gas yang mudah meledak/terbakar

7. Merokok dilokasi berdebu atau gas mudah terbakar

8. Banyak sampah dilokasi kerja yang tidak pada tempatnya 

Semua itu dapat diminimalkan/dihilangkan dengan berbagai tindakan pengawasan, pembinaan dan pemberitahuan secara terus menerus dan berkelanjutan..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSOLIDASI HSSE KPI UNIT RU IV BERSAMA FORUM DISKUSI SAFETY CILACAP (FDSC) 1ST ANNIVERSARY FDSC

RAKOR (Rapat Kordinasi) PENGURUS FDSC

kegiatan HAPPY ANNIVERSARY Paguyuban Driver Online Cilacap